Lanjut ke konten

Sebagai Motivasi

Januari 6, 2013

aSetiap pembuatan kartun selain mengedepankan unsur hiburan dan bisnis, terdapat sisipan pesan moral dari penciptanya. Pesan – pesan moral yang terdapat pada kartun biasanya kejujuran, suka menolong, ketegasan, percaya diri, pantang menyerah, ksatria, dan sebagainya.

Kita tidak bisa menghindari unsur negatif kartun, misalnya adanya tokoh-tokoh jahat. Beberapa kartun ada yang tidak pantas dikonsumsi, karena diimbuhi adegan dengan unsur negatif. Seperti perkelahian, kekerasan, bahkan pornografi. Namun, tidak semua kartun seperti itu.

Di sisi lainnya kita dapat mengambil beberapa manfaat positifnya. Banyak orang menjadikan beberapa kartun sebagai panutan. Mereka menyukai beberapa tokoh kartun dan secara tak langsung menjadi motivasi dalam menjalankan kesehariannya. Tak jarang anak – anak bahkan orang dewasa pun mengikuti sifat, karakter dari tokoh kartun tersebut.

Bahkan karena sangat menyukai tokoh kartun tersebut sampai ada yang mengubah penampilannya seperti tokoh yang mereka idamkan. Namun dalam hal ini, motivasi maksudnya mengambil hal – hal positif dari karakter kartun yang pantas ditiru. Misalnya, satu karakter kartun disukai oleh seseorang karena sifatnya yang pemberani, jujur, pantang menyerah, sederhana seperti karakter tokoh pada kartun Tintin.

 

gung(A.A Ayu Dyah Adnyaswari / 2011.06.020 / dkv)

From → Manfaat Kartun

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar