Skip to content

Media Pembelajaran

Januari 6, 2013

aSebagian besar orang tua menilai kartun hanya pantas untuk anak kecil, karena berisi gambar – gambar fantasi yang anak – anak sukai. Orang tua berpikir  dan melihat beberapa kartun mengandung imajinasi yang berlebih, yang mereka anggap tidak nyata.

Kartun dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dan di rumah. Misalnya di sekolah, salah satunya medianya buku pelajaran. Gambar – gambar lucu yang ditampilkan dapat mengurangi kejenuhan dalam proses pembelajaran dan membuat pembacanya menjadi semangat.

Kartun dalam pendidikan digunakan sesuai tingkat pendidikan serta media pembelajaran yang digunakan. Karena didukung oleh gambar – gambar atau ilustrasi yang menarik, maka kartun akan lebih mudah dimengerti. Kartun dapat menarik perhatian sehingga materi yang diajarkan dapat tersampaikan dengan baik.

Selain sebagai media hiburan, kartun juga sebagai tuntunan dan media pembelajaran budi pekerti di rumah. Meski biasanya kartun dinilai diperuntukan bagi anak-anak, secara tidak langsung kartun juga mengajarkan banyak hal pada orang dewasa tentang sikap – sikap moral. Seperti pada kartun Pinocchio, pembelajaran yang kita dapat dari kartun ini adalah berupa pesan moral yang mengajarkan kita untuk jangan suka berbohong.

gung(A.A Ayu Dyah Adnyaswari / 2011.06.020 / dkv)

From → Manfaat Kartun

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: